MENGENAL FDROID ALTERNATIF GOOGLE PLAYSTORE

F-Droid adalah repositori perangkat lunak yang dikelola komunitas untuk Android, mirip dengan Google Play store. Repositori utama, yang dihosting oleh proyek, hanya berisi aplikasi perangkat lunak gratis gratis. Aplikasi dapat diramban dan diinstal dari situs web F-Droid atau aplikasi klien tanpa perlu mendaftar akun
MENGENAL FDROID ALTERNATIF GOOGLE PLAYSTORE

F-Droid
F-Droid
"Anti-Fitur" seperti iklan, pelacakan pengguna, atau ketergantungan pada perangkat lunak tidak bebas ditandai dalam deskripsi aplikasi. Situs web ini juga menawarkan kode sumber aplikasi yang dihostingnya, serta perangkat lunak yang menjalankan server F-Droid, yang memungkinkan siapa pun untuk mengatur repositori aplikasi mereka sendiri

Sejarah F-Droid 

F-Droid didirikan oleh Ciaran Gultnieks pada tahun 2010. Klien diambil dari kode sumber Aptoide . Proyek ini sekarang dijalankan oleh F-Droid Limited nirlaba Inggris

Replicant , sistem operasi Android perangkat lunak yang sepenuhnya gratis, menggunakan F-Droid sebagai toko aplikasi default dan yang direkomendasikan.

Thе Guardian Project , serangkaian aplikasi Android gratis dan aman, mulai menjalankan repositori F-Droid mereka sendiri pada awal 2012.

Pada 2012, Free Software Foundation Europe menampilkan F-Droid dalam Free Android Anda. ! kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan risiko privasi dan keamanan dari perangkat lunak berpemilik . 

F-Droid dipilih sebagai bagian dari inisiatif GNU Project GNU Sehari selama ulang tahun ke 30 untuk mendorong lebih banyak penggunaan perangkat lunak bebas.

Pada bulan Maret 2016 F-Droid bermitra dengan Thе Guardian Project dan CopperheadOS dengan tujuan menciptakan "solusi yang dapat dipercaya tepercaya dari sistem operasi, melalui jaringan dan layanan jaringan, sampai ke app store dan aplikasi sendiri"

Repositori F-Droid berisi lebih dari 2.600 aplikasi, dibandingkan dengan lebih dari 1,43 juta di Google Play Store. Proyek ini menggabungkan beberapa ѕub proyek perangkat lunak:

Perangkat lunak klien untuk mencari, mengunduh, memverifikasi, dan memperbarui aplikasi Android dari repositori F-Droid

fdroidserver - alat untuk mengelola repositori yang ada dan membuat baru
Generator situs web berbasis Jekyll untuk repositori

F-Droid membuat aplikasi dari kode sumber yang tersedia untuk umum dan bebas lisensi. Proyek ini dijalankan sepenuhnya oleh sukarelawan dan tidak memiliki proses peninjauan aplikasi resmi.

Aplikasi baru dikontribusikan oleh pengiriman pengguna atau pengembang itu sendiri. Satu-satunya persyaratan adalah bahwa mereka bebas dari perangkat lunak berpemilik

Untuk menginstal klien F-Droid, pengguna harus mengizinkan instalasi dari "Sumber tidak dikenal" di pengaturan Android dan mengambil APK (file yang dapat diinstal) dari situs resmi. 

Instalasi tidak tersedia melalui Google Play store karena klausa non-bersaing dari Perjanjian Distribusi Pengembang Google Play.

Klien dirancang untuk tahan terhadap pengawasan, sensor, dan koneksi internet yang tidak dapat diandalkan. Untuk mempromosikan anonimitas, mendukung proxy HTTP dan repositori yang di-host di layanan tersembunyi Tor . 

Perangkat klien dapat berfungsi sebagai "toko aplikasi" dadakan, mendistribusikan aplikasi yang diunduh ke perangkat lain melalui Wi-Fi lokal, Bluetooth , dan Android Beam .

Aplikasi klien F-Droid akan secara otomatis menawarkan pembaruan untuk aplikasi F-Droid yang diinstal. Ketika F-Droid Privileged Extension diinstal, pembaruan juga dapat dilakukan oleh aplikasi itu sendiri di latar belakang.  

Ekstensi dapat diinstal melalui rooting , atau dengan mem- flash file zip pada perangkat. 

Manajemen kunci


Sistem operasi Android memeriksa apakah pembaruan ditandatangani dengan kunci yang sama, mencegah orang lain mendistribusikan pembaruan yang ditandatangani oleh kunci yang berbeda. 

Awalnya, Google Play Store mengharuskan aplikasi ditandatangani oleh pengembang aplikasi, sementara F-Droid hanya mengizinkan kunci penandatanganan sendiri. Jadi aplikasi yang sebelumnya diinstal dari sumber lain harus diinstal ulang untuk menerima pembaruan. 

Pada 2017, Google Play mendorong pengembang untuk membiarkan Google Play mengelola kunci penandatanganan, [ menawarkan layanan serupa dengan apa yang ditawarkan F-Droid sejak 2011, dan F-Droid sekarang memungkinkan pengembang menggunakan kunci mereka sendiri melalui proses pembuatan yang dapat direproduksi



Baca Juga Selanjutnya


Comments

Popular posts from this blog

9 Cara Meningkatkan Traffic Pengunjung

PERALATAN SABLON KAOS KEREN

Tips Sukses Usaha Bengkel Motor